Kuatkan Mental Bertanding


04 December 2010
Dua laga tandang yang bakal dilakoni skuad "Elang Jawa" ke Papua dalam laga lanjutan kompetisi Divisi Utama Liga Ti-Phone 2010/2011 mendatang memang cukup berat. PSS harus benar-benar mempersiapkan mental dan fisik pemain agar mampu mengimbangi permainan tuan rumah Persidafon dan Perseru.

Untuk mempersiapkannya, coach M. Basri memiliki resep tersendiri yakni dengan pendekatan personal terhadap pemain khususnya mental bertanding. "Ya, PSS harus menghilangkan mitos pasti kalah dalam laga tandang yang melekat pada pemain", ungkap mantan pelatih Timnas tersebut. Pelatih M. Basri mengharapkan seluruh pemain PSS harus menghilangkan perasaan seperti itu setiap menghadapi laga tandang. "Memang laga tandang itu membuat tim tuan rumah memiliki energi berlipat karena bermain dikandang. Namun, secara kolektivitas tim belum tentu baik meski di kandangnya",imbuh Basri.

Beberapa musim terakhir PSS jarang menuai kemenangan dalam laga tandang. Musim lalu PSS hanya mampu mencatatkan 1 kemenangan saat laga tandang di Kudus melawan Persiku lainya imbang dan kalah. Untuk menghapus mental tandang pasti kalah yang membudaya di kancah sepakbola Indonesia, M. Basri telah menyiapkan latihan sebaik mungkin khususnya peningkatan fisik dan mental. Menurutnya saat ini yang dibutuhkan pemain PSS adalah meningkatkan apa yang tidak dipunyai tim lain seperti skill individu dan kolektivitas tim yang lebih baik. Asal pemain konsentrasi dan seluruh pemain dalam kondisi siap, M. Basri yakin PSS mampu mencuri poin bahkan meraih poin penuh.


Sumber : www.slemania.or.id

0 komentar:

Posting Komentar